Thursday, February 13, 2014

Mati Flappy Bird, Muncul FlapMMO dan Maverick Bird


Buat yang belum pernah dengar mengenai Flappy Bird (seandainya ada, ada ya? ah masa'?), Flappy Bird adalah game free yang sempat mendominasi Google store dan Apple store. Game ini sejak November 2013 menjadi fenomenal di kalangan luas, bahkan sampai sekarang setelah game ini ditarik dari pasarnya. Game ini simple dengan User Interface 2D seperti yang biasa kita lihat di game tahun 90-an, aturan mainnya juga sebenarnya gampang: "keep tapping" tapi bisa bikin banyak orang penasaran: *mati *sekali lagi *mati *sekali lagi *mati *sekali lagi *mati *sekali lagi dan seterusnya (ekhm.. pengalaman pribadi).

Seperti yang sudah sekilas disebutkan di atas, kalau game ini sudah ditarik dari pasarnya secara resmi pada 9 Februari 2014 kemarin. Karena Nguyen Ha Dong, developer game individu pemilik .GEARS yang berasal dari Hanoi, Vietnam, merasa terganggu dengan banyaknya perhatian dan sorotan publik yang mengarah padanya. Dikutip dari twitter pribadinya beberapa hari sebelum game buatannyanya dia tarik: 

Aneh ya Nyuyen ini? Misterius gitu.

Anyway.. mengikuti kata pepatah: "Mati satu tumbuh seribu", begitu pula yang terjadi dengan game fenomenal ini. Tidak lama setelah game ini ditarik, ribuan bahkan jutaan game cloning bermunculan untuk menggantikannya (bukan lebay, seriusan). Salah satunya adalah FlapMMO alias versi MMO (Massively Multiplayer Online)-nya Flappy bird.

Sesuai dengan namanya, FlapMMO adalah game online yang bisa dimainkan banyak pemain secara sekaligus. Interface FlappyMMO ini mirip sekali dengan versi aslinya. Seperti yang nampak dari gambar berikut, game ini bisa dimainkan di flapmmo.com. Saat memainkan permainan ini kita bisa melihat pemain lain yang online juga saat itu. Untuk navigasi, gunakan spasi.

Versi lain yang juga baru muncul adalah "Maverick-Bird", yang dibuat oleh developer Indie yang cukup ternama, Terry Cavanagh. Cavanagh terkenal dengan game buatannya VVVVVV dan baru-baru ini terkenal dengan Super Hexagon. 

Maverick-Bird jauh lebih susah dari Flappy Bird atau FlapMMO. Game ini bisa dimainkan gratis dari browser di website milik Cavanagh. Untuk navigasi, tekan panah atas.

Cavanagh adalah salah satu fans dari hasil karya Nguyen dan Maverick-Bird tidak bermaksud untuk mengambil untung dari kepopuleran Flappy Bird. Di link berikutnya dari website yang sama untuk memainkan Maverick-Bird, Cavanagh meninggalkan note untuk Nguyen:
“Thanks for the inspiration, Dong. Looking forward to your next game when things settle down!”
Buat yang penasaran, silahkan dicoba langsung ~



__diLa

0 comments:

Post a Comment

mau bilang sesuatu?